Selasa, 11 Juni 2013

Alternatif Sumber Karbohidrat Selain Nasi

Halo,

Sudah seminggu berlalu sejak post terakhir saya. Apa kabar?
Kondisi saya sedang tidak begitu bagus. Terpaksa jadi super produktif karena tugas kuliah dan ujian akhir semester. Tapi inilah yang saya nikmati sekarang. Tidak ada yang lebih menyenangkan dari kehidupan mahasiswa perantauan.

Langsung saja, saya ingin memperkenalkan sumber karbohidrat pengganti nasi beras, yaitu Nasi jagung. Banyak keuntungan yang dapat diambil dari nasi jagung ini, selain cara masak yang juga sama dengan nasi beras biasa, kandungan gula di dalamnya juga rendah, cocok untuk penderita diabetes. Untuk jumlah kalorinya tidak perlu diragukan lagi. Dibandingkan dengan kalori nasi beras yang 178 kkal per 100 gr, kalori nasi jagung ini hanya 50kkal per 100gr.


Beras jagung. Seperti beras biasa, tapi bulirnya pendek-pendek
Soal rasa, jangan khawatir, tidak beda jauh dengan nasi yang biasa. Beras jagung ini dapat dibeli di supermarket (kalau di Jogja, ada di Mirota) dengan kemasan 1kg. Harganya agak lebih mahal dari beras biasa memang, kira-kira hampir 2 kali lipatnya.

Perlu diingat, kalau sumber karbohidrat itu asalnya tidak hanya dari beras, jagung atau umbi-umbian saja. Di dalam makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari, sebenarnya juga ada karbohidratnya, walaupun sedikit. Misalnya dalam buah pisang, sereal, susu.

Demikian, semoga bermanfaat

Salam langsing


DILA~

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar